Berbasah-basah di Gua Embul Tuk

Di Blitar Jawa Timur ada satu gua yang memiliki potensi untuk wisata gua nama nya Gua Embul Tuk yang terletak di desa Tumpakkepuh Blitar Selatan  ,Untuk masuk kedalam gua ini kita harus masuk melewati  mulut gua yang relatif kecil dan badan kita harus siap basah , karena setelah masuk kita harus melewati jalan yang berair yang merupakan air bawah tanah didalam gua .Dalamnya air bawah tanah ada yang sepangkal paha dan ada juga yang sedada jadi harus hati hati juga Dasar gua yang berair cukup lembut untuk diinjak sepertinya berpasir . 
Kalau tidak mau jalan didalam air kita bisa lewat batuan tepi gua tapi juga licin karena juga basah . Setelah masuk kami tidak menduga meskipun mulut gua kecil tetapi ternyata didalam gua ruangannya besar dan setelah kami telusuri ada ruangan ruangan lagi , setiap ruangan gua menyajikan stalagmit dan stalagtit yang menakjubkan ,sebetulnya penelusuran bisa terus keruangan ruangan berikutnya tapi kami cukup  sampai di ruangan yang kami anggap terindah karena pemandu yang membawa lampu rupanya juga hanya bisa mengantarkan kami sampai ditempat itu saja ,mungkin kalau mau terus harus ada perlengkapan khusus supaya aman.   

Stalagmit Stalagtit Gua Embul Tuk-Foto: Guwanto

Stalagmit gua Embul Tuk-Foto :eastjava.com
Air bawah tanah didalam Gua Embul Tuk - Foto: Guwanto