Konon Resepnya Dari Pengemis

Ayam Pengemis
Pangkalan Perahu Motor West lake Hangzhou
West Lake Hangzhou : Foto : Guwanto
Pagoda di West Lake Hangzhou - Foto : Guwanto
Danau West Lake yang terletak di Hangzhou  terkenal dengan keindahannya selain itu  juga terkenal dengan  legenda siluman ular putih dan Sam Pek Ing Tay , di West Lake kita bisa berkeliling danau dengan perahu motor .
Setelah keliling danau dan menikmati keindahan nya jangan lupa  mampir di restorant yang menyediakan kuliner khas Hangzhou yaitu Ayam Pengemis , ayam isi yang dipanggang  dan dibalut dengan daun teratai memiliki aroma dan rasa yang  khas  memang beda dengan ayam panggang yang lain karena memang bumbunya beda.
Dinamakan ayam pengemis tentu ada ceritanya konon  dulu di daerah Hangzhou,  ada seorang pengemis yang karena laparnya mencuri ayam milik penduduk kampung. Bagi sang pengemis, ternyata tidak mudah membawa ayam curiannya yang berkotek-kotek. Karena itu, diambilnya daun teratai untuk membungkus ayam itu sekalian dibalut dengan lumpurnya. Dengan cara demikian, pengemis itu tidak ketahuan mencuri ayam. Keesokan harinya, terdorong oleh rasa lapar, ayam yang dibalut dengan daun teratai dan lumpur kemudian dibakar dan menimbulkan aroma sedap sampai ke hidung Kaisar yang sedang lewat dan lapar. Kaisar itu kemudian memerintahkan kepada prajuritnya untuk mencari asal usul aroma sedap itu. Tak lama kemudian, ayam pengemis itu disantap oleh Kaisar dan "happy ending"nya pengemis tadi akhirnya hidup bahagia di Istana berkat “beggar’s chicken”.