Berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata


Museum Kata Andrea Hirata

Dermaga Kirana
Film Laskar Pelangi memiliki dampak  meningkatkan kunjungan wisatawan ke Belitong dan Museum Kata Andrea Hirata adalah salah satu obyek wisata yang saat ini juga jadi jujugan wisatawan karena uniknya.Museum Kata terletak di Belitung Timur tepatnya di desa Gantong kabupaten Belitong Timur
Warna Warni Museum Kata
Membaca Buku di Museum Kata
Kupi Kuli
Dinding warna warni
Museum yang berisikan berbagai literature dari berbagai macam jenisnya, mulai dari literature anak, literature film, literature seni, literature musik dan masih banyak lagi, ada banyak kata-kata mutiara yang inspiratif bertebaran di tembok-tembok museum ini. Meseum yang penuh warna ini menjadikannya sangat unik, mulai dari pintu masuk kita melihat pintu dan rumah yang di cat warna-warni bagai pelangi.Di dalam museum ini  terdapat banyak kata-kata insipiratif yang bisa kita lihat dan membuka ruang pikiran kita menjadi lebih kreatif. Di dalam Museum kata juga ada banyak buku yang kita bisa baca dari para penulis sastra terkenal di seluruh dunia.Sambil melepaskan lelah kita dapat menikmati kopi di warkop Kupi Kuli yang konon asalnya adalah bagian dapur .Untuk masuk ke Museum Kata dikenakan biaya masuk sebesar Rp.50.000 namun kita akan mendapatkan buku karya Andrea Hirata
Sebelum ke museum Kata kami lebih dahulu berkunjung ke Galeri Laskar Pelangi dimana terdapat
Replika SD Muhammadiyah
Replika kelas SD Muhammadiyah
replika SD Muhammadiyah di kisah laskar Pelangi. Setelah dari Galeri kami menuju ke  Dermaga Kirana, atau Rumah Rotan, atau biasa dikenal juga dengan Rumah Keong, merupakan destinasi wisata alam di daerah Belitung Timur yang letaknya diseberang replika SD Muhammadiyah   Rumah Keong dibangun diatas danau yang disebut kolong oleh masyarakat Bangka Belitung. Kolong adalah kolam bekas penambangan timah. Destinasi ini memadukan arsitektur rotan dengan alam Desa Lenggang.
Didalam galeri Laskar Pelangi
Rumah atau pondok berbentuk bulat mirip keong dibuat dari anyaman rotan Lantai Rumah Keong atau Rumah Rotan itu sendiri terbuat dari papan, dibangun kira-kira satu meter di atas tanah. Lantai ini sebenarnya adalah dermaga yang dibangun membentuk jalan zigzag. Dermaga  dibangun hingga mencapai hampir ke tengah danau.
Didepan Rumah Ahok
Setelah mengunjungi Museum Kata siang itu juga kami mampir ke Kampung Ahok dan rumahnya yang sama sama terletak di Gantong.
Kampung Ahok
Dari Gantong kami lanjutkan menuju ke Vihara Dewi Kwan Im didaerah  Burong Mandi
Vihara dengan dominasi warna merah ini memiliki patung Dewi Kwan Im dengan ukuran cukup besar dan  terletak diketinggian sehingga dari atas kita bisa melihat pemandangan laut .
Kunjungan terakhir hari itu kami kepantai Burong Mandi yang lokasinya memang  tidak jauh dari Vihara.
 
Pintu Gerbang Vihara
Pantai Burong Mandi

Vihara Dewi Kwan Im
Patung Dewi Kwan Im