Merasakan Sensasi Lava Tour Merapi

Gunung Merapi di Jawa Tengah terkenal sebagai gunung berapi yang aktif dan sering kali meletus
termasuk waktu penulis kesana dimana seminggu sebelumnya telah terjadi letusan freatik , meskipun tidak terlalu besar erupsinya tetapi tetap saja terjadi hujan abu disekitarnya dan tercatat adanya gempa tremor. Penulis sempat ragu sehingga berniat  mengurungkan niat untuk mengikuti lava tour Merapi dan mengalihkan tour ke Ketep Pas saja toh disana juga bisa melihat panorama Gunung Merapi.
Cekungan Aliran Lava Gunung Merapi 
Tetapi sopir mobil carteran yang kami tumpangi mengatakan bahwa pasca letusan Wisata Lava tour Merapi saat itu sudah dibuka kembali jadi bisa dikunjungi mendapat penjelasan itu  tujuan ke Ketep Pas akhirnya
kami batalkan dan kami putuskan untuk ikut Lava Tour Merapi .
Untuk mengikuti lava tour Merapi kita bisa ikut paket tour yang banyak tersedia di daerah Kaliurang
Paket itu menyediakan jeep yang bisa diisi lima orang termasuk sopir yang merangkap guidenya
Berpose Diatas Jeep 
tersedia pilihan paket mau yang Short , Medium atau Long tentu dengan harga yang berbeda karena setiap paket menawarkan untuk kunjungan terdekat sampai yang terjauh.
Paket Short lokasi yang dikunjungi Batu Allien, Museum Sisa Hartaku , Bunker Kaliadem.
Untuk yang paket Medium ditambah offroad Kali Kuning sedang yang Long selain ditambah offroad Kali Kuning juga mengunjungi rumah & makam mbah Maridjan . 
Sayang cuaca saat itu mendung dan berkabut sehingga kami putuskan untuk memilih paket Short
dari pangkalan jeep tujuan pertama adalah ke Museum Sisa Hartaku Museum yang terletak di lereng Gunung Merapi ini merupakan saksi bisu kedahsayatan erupsi merapi pada tahun  2010 lalu.  Museum ini pada awalnya merupakan rumah warga (Kimin), salah satu anaknya berinisiatif  untuk mengumpulkan sisa-sisa barang yang ada kemudian ditata kembali maka jadilah museum mini tersebut. Mulai dari depan kita bisa melihat kerangka sapi, buku-buku, koleksi piring, foto-foto mengenai erupsi merapi dan barang-barang lainnya.
Setelah dari museum perjalanan berikutnya  menuju Batu Allien . Jalan yang dilalui dalam  Lava Tour ini  medannya sebagian saja yang beraspal selebihnya  lebih banyak jalan tanah dan berbatu sehingga
selama perjalanan kita bisa merasakan sensasi offroad dengan debu yang cukup keras sehingga harus menggunakan masker yang sudah dibagikan saat mendaftar di pangkalan jeep.
Batu Allien adalah batu besar yang terbawa lahar panas saat erupsi Merapi tahun 2010 karena bentuknya menyerupai mahluk  Allien maka dinamakan Batu Allien .
di Bunker Kaliadem 
Dari Batu Allien perjalanan dilanjutkan ke Bunker Kaliadem ,Bunker Kaliadem merupakan tempat perlindungan dibawah tanah saat itu  karena tertutup kabut kami tidak bisa melihat latar belakang gunung Merapi dari kawasan bunker.
Waktu letusan tahun 2006 terdapat dua korban jiwa yang meninggal didalam Bunker Kaliadem
Museum Sisa Hartaku 
Kerangka Motor di Museum Sisa Hartaku
Kerangka sapi di Museum Sisa Hartaku

Batu Allien